Senin, 19 November 2012

Dampak Positif dan Negatif Tes Psikologi Online

di November 19, 2012


Sebagian orang tentu tak asing lagi dengan istilah internet, banyak sekali informasi mengenai apapun yang dapat kita dapat dari internet. Bahkan terkadang hal yang rahasiapun dapat kita temukan disana. Salah satunya adalah tes psikologi itu sendiri. Dulu tes psikologi atau yang sering disebut dengan psikotes adalah sesuatu yang cukup rahasia yang hanya dapat diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Namun seiring dengan perkembangan teknologi tes tersebut dapat kita lihat dengan mudahnya. Tak hanya psikotes yang tersebar dengan cepet lewat internet, namun ada beberapa alat tes yang seharusnya menjadi rahasia para psikolog pun dapat kita akses dengan mudahnya. Bahkan ada beberapa yang sengaja menaruh tes tersebut, tujuannya simpel saja mereka memasukan tes tersebut di dalam internet untuk mempermudah para calon pengikut tersebut. Nah berikut akan saya jelaskan mengenai dampak positif tes psikologi online, yuk dilihat J

·      Efisien dan efektif. Dapat mempermudah pekerjaan psikolog dalam menskoring hasil tes dengan adanya software untuk skoring hasil tes yang bersangkutan dan hemat waktu (dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat).
·       Dapat melakukan wawancara melalui video call, jika interviewee (orang yang diwawancara) dan interviewer (orang yang mewawancarai) tidak dapat bertatap muka/bertemu secara langsung.
·      Dapat melakukan tes psikologi secara klasikal dengan software khusus alat tes psikologi yang biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu.
·      Dapat menerima surat lamaran/curriculum vitae (CV) dengan adanya email.
·      Dapat dilakukan pertukaran database pelamar dengan perusahaan lain


Nah itu tadi beberapa dampak positif pengguna psikologi online, namun tes psikologi online ini juga berdampak negatif lohhh.. yuk kita simak apa aja dampak negatif dari tes psikologi online ini....

·         Individu akan mengalami resistansi (kebal) atau sudah mengetahui materi tes sehingga mengerjakan tes tidak sebagai dirinya sendiri melainkan menampilkan sisi-sisi baik yang dapat membuat hasil tes terlihat baik.
·           Dalam melakukan wawancara secara online, dikhawatirkan individu tidak menampilkan dirinya secara benar, yaitu individu yang diwawancara disorot dengan webcam tetapi yang mengetik jawaban adalah orang lain. Ataupun jika melalui suara, dikhawatirkan akan adanya gangguan atau tidak lancarnya jaringan sehingga video maupun suara yang ada akan patah-patah (jaringan lemot), yang mengakibatkan terganggunya proses wawancara.
·           Banyaknya informasi yang diterima sering kali membuat kita kesulitan dalam
memilah prioritas dan menentukan kebenaran informasi tersebut. Bahkan tidak
jarang orang percaya begitu saja terhadap informasi yang diterimanya, tanpa
terlebih dahulu menyelidiki kebenaran dari informasi yang dia terima (Dewin, 2010). Dalam hal ini, misalnya lamaran yang diterima melalui email.
·           Dengan adanya programmer yang dapat membuat software skoring alat tes psikologi, membuat programmer tersebut dapat melakukan pekerjaan orang-orang psikologi dalam hal skoring hasil.


Itu dia tuh dampak negatif tes psikologi online. Menurut saya pribadi sih sangat disayangkan ya, jika tes psikologi tersebar luas di internet, karena tes psikologi itu adalah rahasia negara yang hanya boleh diketahui oleh beberapa orang saja, tidak seperti sekarang ini, tes tersebut tersebar dimana-mana. Hmm mungkin segitu aja informasi yang dapat saya berikan... semoga bermanfaat. Terimakasih J

5 komentar:

  1. waah infonya sangat bermanfaat ni :)

    BalasHapus
  2. terimakasih atas iformasinya ya. jujur saja karena saya anak ekonomi jadi saya kurang memahami masalah psikologi. tapi pendapat anda pribadi sendiri sudah benar. seharusnya memang tes psikologi bersifat rahasia jadi sistem tes psikolgi online itu kurang efektif menurut saya. semoga informasi yg anda berikan bermanfaat bagi pembaca ya. :)

    BalasHapus
  3. nice posting adisti..kalo menurut saya pasti ada dampak positif dan negatif tp alangkah baiknya kalo segala kemudahan yg diberikan dalam hal ini test psikologi online bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan tetap ada pengawasannya agar tidak di salah gunakan :)

    BalasHapus
  4. kita juga punya nih jurnal mengenai dampak psikologis , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2537/1/Dampak%20Psikologis%20Pada%20Wanita%20yang%20Mengalami%20Abortus%20Spontan044.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus

 

A N L Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea